KE SUMATERA BARAT CUMA BUAT MAKAN NASI PADANG DAN SATE PADANG

IMG_0572.JPGMaret 2017 saya merencanakan pergi ke Sumatera Barat tepatnya Padang cuma buat makan sate dan nasi Padang asli dari Padang, karena saya adalah orang Sumatera yang tinggal di Jawa merasa kangen sama masakan padang asli. haha.

Perjalanan menuju Tanah Minang dari Jakarta membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Pake pesawat ya bukan pake bis! Yuhuuu sate padang menanti..

IMG_0557.JPG

Tujuan sebenernya adalah menghadiri sahabatku menikah,kalo dia ga nikah mungkin gue ga akan ke Padang. Tapi akhirnya ya sekalian jalan jalan jugaa. Nah ini ada lah beberapa list WAJIB yang harus kalian lakukan kalo ke Padang !

  1. KE BUKIT TINGGI
    Karena wisata yang paling banyak di Sumatera Barat itu di Bukit Tinggi. Perjalanan dari bandara Minang Kabau kira kira 2.5 -3 jam perjalanan tergantung dari keramaian jalanan saat itu.  Wisata apa aja yang ada di Bukit tinggi                                                                                                                                                                  Jam Gadang.
    IMG_0581Jam Gadang atau artinya jam besar itu adalah kembaranya Menara Big Ben yang ada di Inggris itu loh. Kalo tampak luar ya keliatan beda tapi yang menyamakan dengan Big Ben adalah mesin nya, dan cuma ada 2 di dunia. ya Big Ben dan jam Gadang ini !

    jj.jpg

    Jam Gadang Vs Big Ben

    Lobang Jepang
    IMG_0568.JPG
    Konon katanya Lobang Jepang ini di bangun pada tahun 1944 dengan kedalaman gua 49m dan panjang gua mencapai 6km. Untuk masuk bawah kita harus menuruni 132 anak tangga, yah kalo turunnya sih ga kerasa capeknya, nah pas naik…rasain aja sendiri deh wkwkw.
    IMG_0563.JPG 

    Ngarai Sianok

    ngarai-sianok-1.jpg

    pic-google

    Ngarai Sianok ini adalah Grand Canyonnya Sumatera Barat. Dari Lubang Jepang tadi keliatan banget view Ngarai sianok, cuma sayang saya ga sempet foto jadi aja ambil dari Google.

    Lembah Anai

    Keajaiban-Air-Terjun-Lembah-Anai.jpg

    pic-Google

    Padahal lembah Anai ini posisinya strategis banget, letaknya di pinggir jalan banget   menuju bukit tinggi. sayang hujan jadi saya ga turun deh.

  2.  PADANG  KOTA
    Saya ke Bukit tinggi cuma beberapa jam saja, kemudian langsung meluncur ke Padang kota. disini juga ga kalah seru, toh yang terkenalnya Padang daripada kota lain nya. Yah iconic Sumatera Barat itu ada lah rumahnya yng atapnya muncung muncung ke atas.muncung apaan ya? yaitulah pokonya. liat aja di foto ini

    IMG_0689.JPG

    Museum Adityawarman

    Nahh itu tu muncung muncung atapnya haha. Pokoknya semua rumah adat, atau perkantoran di kota Padang ini rata rata atapnya begitu. Ini adalah Museum Adityawarman yang isinya sejarah dan adat budaya tanah minang. Letaknya di pusat kota Padang banget. Wajib ,kudu kesini .

    IMG_1114.JPG

    Sampe Mesjid Raya Sumatera Barat pun atapnya dibikin kaya gitu, dan ini baru di jadi sekitar 1 tahun yang lalu. Kalo kalian liat aslinya ini tuh bagus bangeet. Sayangnya saya ga bawa kamera DSLR ataupun Mirrorless karena berat.

    IMG_1329.JPG

    RPKO8846.jpg

    Mesjid raya ini rame banget loh di kunjungi anak anak muda Minang, soalnya emang tempatnya itu instagramable banget.

    eee.jpg

  3. KULINER PADAAANG !
    Nahhh ini dia yang paling saya nanti nantikan adalah kuliner Padang yang mampu mengobati kangen masakan di rumah Sumatera.

    Nasi Padang / Nasi Kapau

    IMG_0652.JPG

    Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan -QS Ar Rahman 13.
    Ini adalah salah satu nikmat Tuhan yang ga bisa saya tolak (lebaayyy) haha tapi siapa yang ga mauuu ini enaak bangett. Saya makan ini di restoran Lamun Ombak, yang mungkin kalo di Jawa lebih terkenal nya rumah makan padang Sederhana. Dan kalian perlu tau kalo kita makan nasi padang ini ber empat, dengan rendang, ayam, babat, dan sayur sayur lain nya, sama minum teh manis 2 gelas CUMA 130.000 Rupiah!! gila ga, di Bandung makan ber empat kali udah sampe 300 rebu.

    Sist apa bedanya Nasi Padang sama Nasi Kapau??
    sama aja sist jenis makanan nya, cuma beda cara penyajian. kalo masakan padang itu di letakan di meja (ngampar ceuk sundana mah). Kalo nasi Kapau kaya warteg gitu. nih saya kasih liat

    IMG_1322.JPG

    Sate Padang
    Nah ini adalah salah dua nikmat yang ga bisa saya dustakan (katanya tadi satu tapi kok banyak!)
    IMG_0572.JPG

Dipadang itu banyak sih Sate Padang yang enak, Ada Mak Syukur, Dangung Dangung,dan lain lain. Tapi ini saya mau kasih rekomendasi buat kalian yang ga kalah enak dengan sate padang yg terkenal lainya. SIMAN SATE !

IMG_0575.JPG

IMG_0570.JPG

Siman sate ini ga cuma nyediain sate daging aja,ada usus, ceker, tahu, telor puyuh, babat dan masih banyak lainya dan harga semuanya cuma 1ooo aja! OMG ! dan kalian mesti tau lagi, kita berlima makan sate dengan 70 tusuk sate + lontong+ teh botol+ bakwan CUMA 104.000 Rupiah ! pengen lagi ;(

masih banyak kuliner dan wisata Sumatera Barat yang lainnya yang belom sempat saya kunjungi, karena cuma 2 hari. Yang pasti untuk mengunjungi padang 2x atau 3x itu masih Worth it banget.

bonus Baralek adat Padang (Baralek : Menikah)

IMG_1326.JPG

cheers 😉

@mikeelfs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s